Pembelajaran sosial tidak hanya dapat dilakukan dalam lingkup formal, dimanapun dan kapanpun kita mampu mempelajari ilmu sosial dan ilmu politik, namun yang menjadi unik, di FISIP USU mahasiswa diarahkan agar mampu menjadi seorang yang berguna bagi bangsanya, berwawasan luas, peka dan empati pada lingkungan terutama dalam kehidupan bermasyarakat.

 

Kesempatan belajar yang luas

Lebih dari 99 dosen melakukan penelitian luas di pelbagai wilayah seperti globalisasi, demokratisasi, islam politik, politik lokal dan pembangunan ekonomi, resolusi konflik dan pembangunan perdamaian, hak asasi manusia, hubungan dan organisasi industri, perubahan sosial, pemberdayaan masyarakat, kajian wilayah, kependudukan, kebijakan publik, dan wilayah-wilayah penelitian lainnya. Mereka juga mengajar di kelas, berbagi pengalaman dan temuan penelitian-penelitiannya, dan melibatkan mahasiswa dalam aktivitas-aktivitas yang mengombinasikan kegiatan pengajaran dan penelitian.  Mahasiswa juga akan memperoleh kesempatan yang luas untuk ikut serta dalam pertukaran mahasiswa ke universitas-universitas mitra di dalam negeri, kajian lapangan, dan internship yang akan memberikan pengalaman-pengalaman pembelajaran yang unik dan bermanfaat.

 

Adanya supporting system

Untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran di FISIP USU, maka beberapa fasilitas terus dibangun. Ada beberapa sistem yang dibangun untuk menunjang kegiatan akademik antara lain :

Sistem Informasi Akademik (SIA) adalah sistem informasi untuk mengelola administrasi data akademik pada fakultas/program studi. Aplikasi ini mendukung perubahan kurikulum akademik, fleksibilitas pengelolaan transkrip mahasiswa serta menyediakan fungsi pelaporan DIKTI secara otomatis dan terintegrasi. Sistem ini juga mendukung sepenuhnya KRS online dan bimbingan akademik online.

Aplikasi Satu Atap (ASA) adalah sistem surat menyurat online yang diperuntukan bagi mahasiswa Program Sarjana (S-1) dan Diploma (D-III) FISIP USU. Sistem ini bertujuan untuk mempermudah interaksi surat menyurat antara mahasiswa dengan program studi dan fakultas dimana mahasiswa dapat mengambil surat yang telah selesai di satu ruangan saja yang telah ditentukan.

Sistem Administrasi Penelitian (SIMPEL) adalah sistem pendaftaran dan pengajuan penelitian dosen FISIP  maupun dosen yang ada di lingkungan Universitas Sumatera Utara.

Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SIMSDM) adalah sistem pengelolaan data sumber daya manusia baik dosen maupun tenaga pendidik yang ada di FISIP maupun Universitas Sumatera Utara.

Portal Alumni (Tracer Study) adalah sistem ataupun wadah yang disediakan bagi para alumni FISIP maupun Universitas Sumatera Utara.

ISO 9001 : 2015 adalah standard  dokumen (standard persyaratan) yang mencantumkan persyaratan yang dijalankan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan tetap dijaga implementasinya. Saat ini ISO 9001:2015 sedang dalam proses penyusunan.

USUNETA adalah layanan akses jaringan internet di dalam kampus secara gratis baik melalui jaringan kabel dan terminal PC maupun jaringan tanpa kabel (wireless) yang tersedia di seluruh gedung dan sekitarnya di dalam kampus FISIP USU. Penyediaan fasilitas jaringan tanpa kabel atau Wifi ditujukan bagi mereka yang memiliki laptop.

 

Kualitas lulusan terbaik

Mahasiswa FISIP USU sangat aktif mengikuti berbagai kegiatan dan kejuaraan baik tingkat nasional maupun internasional. Keikutsertaan mahasiswa tersebut dapat berupa konferensi mahasiswa maupun program pertukaran pelajar internasional, lomba debat, ajang kreativitas mahasiswa serta juga berbagai cabanga olahraga. Tidak hanya itu, keaktifan mahasiswa dalam berbagai kegiatan diluar perkuliahan menuntun mahasiswa unggul dalam bidang akademik dan juga non-akademik. Lulusan FISIP USU tidak diragukan lagi kualitasnya. Dengan skill yang dimilikinya, mahasiswa/i lulusan FISIP USU mampu bersaing dalam dunia kerja.

 

Prospek karir yang menunjang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dengan kualitas lulusan terbaik, lulusan FISIP USU memiliki prospek karir yang baik pula. Alasanya, mahasiswa FISIP USU telah dilatih secara mandiri dengan keterampilan analitik, dan pengetahuan riset yang baik. Tidak hanya berbekal keterampilan, kantor Pengembangan Karir turut memberikan kontribusi dengan pembangunan hubungan baik antara alumni dam lulusan. Hal itu membuat masuknya informasi peluang kerja menjadi lebih mudah didapatkan sehingga lulusan mampu bersaing dalam dunia kerja.