DSC 5374 1

 

 

 

Selamat Datang di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Universitas Sumatera Utara 

 

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) didirikan pada 1 Juli 1980. Bermula dari dua jurusan dan bertambah menjadi enam hingga saat ini memiliki 13 program studi yaitu 7 program studi sarjana, 5 program studi magister, dan 1 program studi doktor. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik merupakan bagian dari institusi pendidikan USU yang berkomitmen melakukan kegiatan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat bidang ilmu sosial dan ilmu politik. Arah kebijakan akademik FISIP USU dilakukan untuk tetap menjaga Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai bagian dari cita-cita Negara Republik Indonesia.

Sejalan dengan perkembangan dan dinamika masyarakat Indonesia, khususnya yang terkait dengan otonomi daerah, demokratisasi, globalisasi dan revolusi teknologi informasi, FISIP USU dituntut untuk dapat berkontribusi bagi upaya-upaya pencapaian masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera melalui kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi. Informasi akademik dan non akademik FISIP USU dalam kurun waktu 2016–2020 yang disajikan ini, diharapkan dapat mensinergikan program kerja di lingkungan Universitas Sumatera Utara dalam pencapaian VisiFISIP USU “Menjadi Fakultas yang Memiliki Keunggulan Akademik dan Mampu Bersaing dalam Pengembangan Ilmu dan Riset Terapan Kebijakan Publik Bidang Sosial dan Politik Pada Tataran Global Tahun 2021”.

FISIP USU tetap memiliki keyakinan penuh mendapatkan akreditasi unggul dan merintis pengakuan internasional selama lima tahun mendatang. Menyediakan layanan pendidikan yang mudah, murah, transparan dan cepat sekaligus mampu memberikan umpan balik yang positif dari keseluruhan proses belajar mengajar yang sangat informatif. Melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, FISIP USU tidak hanya unggul dalam bidang pendidikan dan riset sosial politik, tetapi juga berkontribusi bagi pembangunan masyarakat yang berkualitas dan berkarakter. Kegiatan akademik akan selalu dijaga prosesnya melalui peningkatan kualifikasi pelaksananya, merawat dan menambah prasarana dan sarana kampus, serta mengawasi integritas sivitas akademika. Sehingga FISIP USU dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kualifikasi bidang sosial dan politik yang handal dan berkarakter. Kami berharap proses pengelolaan akademik tersebut berjalan secara terus menerus sehingga kurikulum menjadi dinamis dan dialektik untuk merespon beragam perubahan lingkungan yang terjadi. FISIP Tri Dharma untuk Negeri.

 

Dr. Hatta Ridho, S.Sos., MSP