Sosialisasi PPID USU "Keterbukaan Informasi Publik, Semua Berhak Tahu"

Medan-FISIP USU: Kantor Humas, Protokoler dan Promosi melakukan sosialisasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Universitas Sumatera Utara (PPID USU) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara yang dilaksanakan pada hari Senin, 19 Desember 2022. Sosialisasi ini dihadiri oleh Sekretaris Universitas, Kepala Kantor Humas, Protokoler dan Promosi, beserta jajaran Staf Humas USU, Staf Humas Fakultas, Staf Humas Rumah Sakit dan perwakilan dari Satuan Kerja di lingkungan USU.

 

DSC06835

 Sumber Foto : HUMAS USU

Kegiatan Sosialisasi ini dibuka oleh Sekretaris Universitas, Prof. Dr. dr. M. Fidel Ganis Siregar, M.Ked(OG), Sp.OG(K)-FER. “Saya berharap kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan kualitas PPID USU”, ujar beliau dalam kata sambutan.

 

DSC

 Sumber Foto : HUMAS USU

Sosialisasi yang bertemakan “Keterbukaan Informasi Publik, Semua Berhak Tahu” ini turut mengundang Dr. Abdul Haris, SH., M.Kn sebagai Narasumber. Dalam pemaparannya beliau menjelaskan dasar hukum dalam keterbukaan informasi untuk publik dan bagaimana pentingnya keterbukaan informasi di badan publik.

 

DSC06968

Sumber Foto : HUMAS USU

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di badan publik. Keberadaan PPID mempermudah masyarakat dalam menyampaikan permohonan informasi dengan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dalam hal keterbukaan informasi publik, meningkatkan pelayanan dalam ketersediaan informasi dan meningkatkan koordinasi setiap satuan kerja dalam menyediakan keterbukaan informasi.