Sosialisasi Pusat Sumber Daya Hak Asasi Manusia (PUSDAHAMNAS)

Medan-FISIP USU: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM) melakukan Sosialisasi Pusat Sumber Daya Hak Asasi Manusia (PUSDAHAMNAS) di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara yang dilaksanakan pada hari Kamis, 15 Desember 2022 pukul 09.00 s/d 11.30 WIB. Sosialisasi ini dihadiri oleh Dekan FISIP, Wakil Dekan III, dan para dosen FISIP USU.

 

rsz sy22127

 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Esrom Hamonangan Kepala Biro Perencanaan, Pengawasan Internal dan Kerjasama KOMNAS HAM sebagai pembicara. Dari sosialisasi ini beliau menyampaikan, KOMNAS HAM telah meluncurkan PUSDAHAMNAS yang menjadi program Prioritas Nasional 2022-2024 dengan tujuan menyediakan sistem informasi berbasis elektronik untuk penerimaan, pengelolaan, pengolahan dan pemanfaatan data, informasi, dokumen dan sumber daya HAM secara nasional untuk peningkatan kesadaran HAM aparatur negara maupun masyarakat. 

 

Sosialisasi ini dilakukan agar semua pihak dapat memberikan masukan yang dapat dikembangkan terkait adanya sistem informasi agar lebih efektif. Sehingga, PUSDAHAMNAS ini dapat mendukung KOMNAS HAM sebagai lembaga rujukan rujukan HAM nasional. "PUSDAHAMNAS ini membantu program-program penelitian, penyuluhan dan pendidikan agar data dan dokumen dapat dikelola dengan baik. Maka, hal ini diharapkan menjadi satu aplikasi atau sistem yang bisa mengelola data tersebut dengan baik," jelas Esrom.

 

Sistem ini digunakan sebagai penghubung antar informasi dari internal maupun eksternal. Selain KOMNAS HAM, sistem ini juga dapat digunakan oleh kementerian, lembaga daerah, pemerintah daerah, organisasi masyarakat, lembaga HAM, lembaga riset, universitas, pembela ham, dan media dengan mengedepankan kepemilikan bersama dan partisipasi dari semua stakeholder maupun akademisi dengan cara melakukan workshop, FGD, wawancara, studi banding dan literatur, dan konsultasi.