Musrenbang FISIP USU 2022: Anggaran Kegiatan FISIP USU akan Disesuaikan dengan Capaian Akreditasi, IKU dan WCU

WEB 1 min  

Medan – Humas FISIP USU: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan dan Pengembangan (MUSRENBANG) yang dilaksanakan pada 18–19 Oktober 2022 di The Hill Hotel & Resort, Sibolangit. Agenda utama kegiatan MUSRENBANG adalah pemaparan capaian tahunan program studi sesuai dengan kontrak kinerja tahun 2022. Kontrak kinerja di tingkat fakultas maupun program studi merujuk pada Indikator Kinerja Utama (IKU) USU.

 

WEB 2 min

 

IKU 1 adalah lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak, IKU 2 mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, IKU 3 dosen berkegiatan di luar kampus, IKU 4 praktisi mengajar di dalam kampus, IKU 5 hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapat rekognisi internasional, IKU 6 program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia, IKU 7 kelas yang kolaboratif dan partisipatif, dan IKU 8 program studi berstandar internasional.

Dari indikator kinerja utama (IKU) tersebut, FISIP USU telah mencapai 4 dari 8 yang telah ditargetkan. Dekan FISIP USU Dr. Hatta Ridho, S.Sos., MSP memaparkan masing-masing capaian, diantaranya pada IKU 2, 3, 5, dan 6. Disamping itu, Dekan FISIP USU juga memaparkan program-program prioritas untuk program studi demi mencapai target Indikator Kinerja Utama (IKU) tersebut.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Sumatera Utara Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si menekankan pada optimalisasi target kinerja fakultas yang mencakup akreditasi unggul (A) program studi, 8 Indikator Kinerja Utama (IKU), dan 20 indikator World Class University menuju program prioritas internasionalisasi USU.

 

WEB 5 min

 

Terkait penyusunan anggaran, Dr. Hatta Ridho menjelaskan bahwa semua kegiatan FISIP USU akan menyesuaikan pada Indeks Kinerja Utama. “Baik dari prestasi mahasiswa maupun employer reputation, kita akan melaksanakan kegiatan lebih intens lagi beda dari kegiatan yang selama ini kita laksanakan. Anggaran itu nanti (contohnya-red) untuk kemahasiswaan digunakan untuk melaksanakan kegiatan yang bisa menyasar capaian IKU. Misalnya memperbanyak proposal program kreatifitas mahasiswa, memperbanyak pastisipasi MKBM, berhasil menembus IISMA”

 

WEB 4 min

 

Untuk mencapai target tersebut, FISIP USU menyadari banyak tantangan yang akan dihadapi kedepannya “tantangannya karena kita belum terbiasa saja dengan program IKU maupun WCU ini, tapi itu harus kita laksanakan dan segera sumber daya kita baik sumber daya peralatan, SDM maupun dukungan pendanaan sebagai PTNBH saya kira bisa mumpuni mencapai target-target yang telah ditetapkan “ ujarnya menutup wawancara.