Kuliah Umum Indonesia dan Dinamika Dunia 

Kuliah Umum “Indonesia dan Dinamika Dunia”, MBKM sebagai Kontribusi Perguruan Tinggi untuk Diplomasi

 

Medan, Humas FISIP USU – Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia menyelenggarakan kuliah umum serentak di  37 Provinsi Indonesia yang mengusung tema Indonesia dan Dinamika Dunia pada Jumat, 19 Agustus 2022 di Aula Gedung Serbaguna FISIP USU. Kuliah umum ini dibawakan oleh Fredick Broven Ekayanta S.IP., M.IP sebagai moderator, Maria Renata Hutagalung dan Dr. Rosmalinda, SH., LLM sebagai narasumber.

KulUm kemenlu 1

Perkuliahan ini membahas seputar peran serta kontribusi politik luar negeri Indonesia dalam menghadapi besarnya tantangan kerja sama internasional seiring dengan meningkatnya konflik global. Dalam pemaparannya, Maria selaku Direktur Kerja Sama Pembangunan Internasional Kementerian Luar Negeri RI menyampaikan bahwa hingga saat ini Indonesia telah memberikan kontribusi diplomasi yang cukup banyak di berbagai bidang. Tidak hanya pandemi, Indonesia juga berfokus pada misi untuk membawa perdamaian di dunia dan ikut serta untuk memulihkan perekonomian dunia pasca pandemi melalui Presidensi G20. Maria juga menjelaskan bantuan kemanusiaan yang Indonesia berikan kepada negara-negara terdampak konflik juga merupakan salah satu bentuk kerja sama pembangunan internasional.

KulUm kemenlu 2

Rosmalinda selaku Sivitas Akademika turut menjelaskan peranan perguruan tinggi dalam mewujudkan politik luar negeri Indonesia. Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Sumatera Utara adalah salah satu terapan dari kerja sama nasional dan internasional antara USU dengan pihak luar. Kerja sama internasional melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian dapat menjadi kontribusi diplomasi yang mampu diberikan oleh perguruan tinggi hingga saat ini.

KulUm kemenlu 3

Rektor USU, Dr.Muryanto Amin, S.Sos, M.Si, dalam sambutannya berharap nelalui kuliah umum ini para mahasiswa dapat memahami kedudukan dan peranan Indonesia di dalam dunia internasional.