Sosialisasi World Class University oleh Rektor Universitas Sumatera Utara

 DSC5746

 

Medan, Humas FISIP USU - Rektor Universitas Sumatera Utara, Dr. Muryanto Amin, S.Sos., M.Si melakukan sosialisasi World Class University di Aula Gedung Serbaguna FISIP USU pada Selasa, 26 Juli 2022. Kegiatan ini diikuti sivitas akademika FISIP USU termasuk dosen dan seluruh Ketua Program Studi yang ada di FISIP USU.

Kegiatan ini mengarah kepada tujuan besar Rektor USU saat ini, yaitu internasionalisasi Universitas Sumatera Utara (USU) melalui World Class University Ranking. Pemeringkatan yang diselenggarakan oleh QS University Rankings akan berlangsung mulai dari bulan Februari hingga November 2023.

Dengan mengusung tema “Penguatan Tridarma Menuju 500 World Class University (WCU)”, Rektor menyampaikam bahwa WCU di bidang ilmu sosial masih cukup mengkhawatirkan jika dibandingkan dengan bidang eksakta. Indikator dalam WCU didasarkan pada penilaian Quacquarelli Symonds (QS) dan The Times Higher Education (THE) Ranking.

Tidak hanya itu, Rektor menjelaskan bahwa QS dan THE Ranking dapat dengan mudah dicapai jika sivitas akademika gencar melaksanakan tridarma perguruan tinggi dan menjalin komunikasi yang baik dengan sivitas akademika perguruan tinggi lain, termasuk perguruan tinggi di luar negeri. “Seperti pada bidang pendidikan, sebenarnya kita hanya perlu melakukan tiga hal, yaitu Common Sense, Friendship, dan Trust kepada pihak sivitas akademika lain, baik dalam maupun luar negeri.”, ujar Rektor USU.

Dalam sosialisasi ini, Rektor berfokus pada hal-hal yang seharusnya dilakukan oleh para dosen melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian untuk mencapai target universitas kelas dunia. Rektor mengharapkan sivitas akademika FISIP USU dapat mengimbangi program kerja di setiap bidang tridarma perguruan tinggi agar nantinya bisa mendapatkan nilai maksimal di QS dan THE Ranking World Class University.