Ilmu Administrasi Publik

IMG 20180825 WA0019 2

BAN-PT No.3315/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2016

 

Sejarah

Pendirian Prodi Ilmu Administrasi Publik tidak terlepas dari pendirian FISIP USU. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) berdiri pada tahun 1980. Pada awalnya FISIP USU hanya merupakan Jurusan Pengetahuan Masyarakat pada Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara. Setahun kemudian Jurusan Pengetahuan Masyarakat berubah menjadi Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial (IIS). Pada tahun 1982, Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial resmi menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dengan menggunakan gedung perkuliahan di Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Sumatera Utara.

Pada awalnya (1980/1981), FISIP-USU hanya membuka dua jurusan, yaitu: 1) Jurusan Ilmu Komunikasi; dan 2) Jurusan Ilmu Administrasi Negara. Pembukaan dua jurusan ini tentunya didasarkan pada pertimbangan antara lain: kedua jurusan tersebut sesuai dengan kebutuhan stakeholders; dan ketersediaan staf pengajar (dosen) saat itu. Barulah Tahun Ajaran 1983/1984, FISIP-USU membuka dua jurusan baru yaitu 1) Jurusan Sosiologi; dan 2) Jurusan Kesejahteraan Sosial; serta menerima perpindahan Jurusan Antropologi dari Fakultas Sastra Universitas Sumatera Utara.

Sesuai dengan SK Mendikbud RI No. 0535/0/83 tahun 1983 tentang jenis dan jumlah jurusan pada fakultas di lingkungan Universitas Sumatera Utara, FISIP USU mempunyai 6 (enam) jurusan, yaitu:

  • Jurusan Sosiologi
  • Jurusan Kesejahteraan Sosial
  • Jurusan Antropologi Sosial
  • Jurusan Ilmu Administrasi Negara
  • Jurusan Ilmu Komunikasi
  • Jurusan Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU)
  • Sejalan dengan perkembangan dan dinamika masyarakat Indonesia, khususnya yang terkait dengan otonomi daerah, demokratisasi, globalisasi dan lain sebagainya, program studi ilmu administrasi pubilk dituntut untuk dapat berkontribusi bagi upaya-upaya pencapaian masyarakat Indonesia yang lebih sejahtera melalui kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi.

 

Visi

Menjadi Program Studi Ilmu Administrasi Publik Yang Unggul Dalam Penguasaan, Pengembangan Dan Peneranan Administrasi Pembangunan, Manajemen Pelayanan Publik Dan Kebijakan Publik Yang Beretika Dan Inovatif Pada Tataran Global Tahun 2022.

Misi

  • Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan di bidang kebijakan publik, manajemen pelayanan publik dan administrasi pembangunan.
  • Melaksanakan dan mengembangkan penelitian serta publikasi ilmiah di bidang kebijakan publik, manajemen pelayanan publik dan administrasi pembangunan.
  • Melaksanakan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang kebijakan publik, manajemen pelayanan publik dan administrasi pembangunan.
  • Membangun pusat informasi, riset dan pengembangan kebijakan publik, manajemen pelayanan publik dan administrasi pembangunan bagi pemerintah, swasta dan masyarakat.
  • Mengembangkan kanasitas organisasi dan jaringan program studi pada tataran regional dan global.

 

Tujuan

Tujuan pendidikan Program Studi Ilmu Administrasi Publik adalah:

  • Menghasilkan sarjana yang unggul dalam penguasaan teori, pengembangan maupun peneranan Kebijakan Publik, Manajemen Pelayanan Publik Dan Administrasi
  • Pembangunan Pada Tataran Nasional Dan Global
  • Menghasilkan riset dan policy paner di bidang penelitIAN Kebijakan Publik, Manajemen Pelayanan Publik Dan Administrasi Pembangunan
  • Menghasilkan publikasi ILMIAH dalam jurnal nasional dan internasional (terakreditasi dan terindeks scopus).
  • Menghasilkan nota kesepahamaan (MoU) dengan institusi pemerintah dan swasta baik nasional maupun internasional di bidang Kebijakan Publik, Manajemen Pelayanan Publik Dan Administrasi Pembangunan

 

Strategi dan sasaran

Strategi pemecahan masalah, perbaikan dan pengembangan program studi secara keseluruhan yaitu :

  • Memperkuat kerjasama dengan pihak eksternal terutama di bidang penelitian.
  • Memberikan pelatihan-pelatihan tentang cara memperoleh dana-dana penelitian dari pihak eksternal.
  • Meningkatkan kerjasama dengan lembaga-lembaga atau organisasi lain.
  • Mendorong dosen untuk melanjutkan studi bergelar di Perguruan Tinggi luar negeri atau dalam negeri yang bereputasi.
  • Mempertahankan keunggulan kompetitif melalui kekhas-an visi dan metode pembelajaran dibandingkan perguruan tinggi lainnya.
  • Mengoptimalkan implementasi tinjauan manajemen secara periodic.
  • Monitoring yang ketat dalam implementasi manual prosedur pengendalian dokumen dan rekaman yang telah disusun sebelumnya.
  • Inventarisir dan digitalisasi dokumen prodi.
  • Memberikan fasilitas kepada dosen untuk studi lanjut dan mengikuti pelatihan-pelatihan.
  • Revitalisasi rumpun dosen sesuai dengan minat dan keahlian.
  • Mengimplementasikan standar pelayanan prima dalam semua aktivitas pelayanan di Prodi.
  • Mengoptimalkan daya tamping dengan cara penambahan sarana/prasarana proses belajar mengajar bekerja sama dengan fakultas maupun universitas.
  • Mengoptimalkan peran klub bahasa, lembaga bahasa (Pusat Bahasa USU), dan lembaga penunjang lainnya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan
  • softskills mahasiswa/lulusan.
  • Secara kontinu mengupdate konten pengajaran mengikuti perkembangan yang terjadi pada bidang administrasi public, dunia usaha dan kebutuhan pengguna lulusan.
  • Lebih mengintensifkan kuliah tamu dari para alumni yang sukses dan praktisi sukses lainnya untuk memberikan tambahan wawasan praktek dalam dunia kerja.
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjsa sama dengan pihak terkait, khususnya dalam peningkatan kompetensi lulusan.
  • Mengoptimalkan peran dosen penasehat akademik dalam memberikan bimbingan kepada mahasiswa.
  • Mengupayakan adanya data base alumni sesegera mungkin.
  • Pengusulan dan rekrutmen dosen segera harus dilakukan.
  • Memberi insentif bagi dosen yang mempublikasikan karya ilmiah pada level nasional maupun internasional.
  • Mengoptimalkan pelaksanaan system rekrutmen dosen dan tenaga pendukung secara berkesinambungan.
  • Mengirimkan dosen dalam kegiatan ilmiah yang berskala Asean.
  • Melakukan upaya memperoleh pendanaan/hibah dari luar perguruan tinggi.
  • Mendorong dosen untuk mencanai jabatan akacemik guru besar seperti pemberian insentif bagi dosen yang melakukan publikasi ilmiah terutama dalam jurnal internasional, konferensi ilmiah internasional dan pemberian dana hibah penelitian.
  • Meningkatkan frekwensi kuliah tamu untuk meningkatkan wawasan dosen dan mahasiswa dan mendorong dosen untuk melakukan publikasi.
  • Peninjauan terhadan kurikulum secara berkala yang didasarkan kepada perkembangan dunia bisnis di masyarakat.
  • Memperkuat ketrampilan softskill mahasiswa, terutama dalam bidang kewirausahaan (praktek Kewirausahaan), etika bisnis, komunikasi bisnis.
  • Bekerja sama dengan pusat jasa ketenagakerjaan USU untuk mempercepat waktu menunggu mahasiswa bekerja.
  • Mempercepat rata-rata waktu penyelesaian studi mahasiswa melalui : a) memberikan peringatan dini bagi mahasiswa yang terkena evaluasi, b) mengevaluasi mahasiswa yang penyelesaian tugas akhirnya melewati batas yang ditentukan (> 6 bulan), c) mengefektifkan peran dosen penasehat akademik (PA) melalui pembimbingan yang lebih intesnsif, yang danat membantu mahasiswa mengatasi masalah pendidikan dan penulisan tugas akhirnya.
  • Meningkatkan pengelolaan jurnal ilmiah sehingga terakreditasi.
  • Meningkatkan oersan serta mahasiswa dalam berbagai kegiatan ilmiah, terutama penelitian dan pengabdian masyarakat.
  • Meningkatkan kerja sama dengan institusi secara lebih intensif dan bervariasi.
  • Meningkatkan proses pembimbingan skripsi secara leih intensif.
  • Memperluas jaringan eksternal untuk menggali potensi pendanaan.
  • Peningkatan kanasitas bandwidth koneksi internet secara bertahan.
  • Melakukan perawatan jaringan koneksi internet secara teratur dan konsisten.
  • Meningkatkan kemampuan SDM pengelola system infromasi melalui berbagai pelatihan.
  • Melakukan program perbaikan, perawatan dan pengkinian berbagai sarana dan prasarana secara berkala.

 

Staf Pengajar

  No.   Nama    Nomor Induk Pegawai         Jabatan      
1.  Muhammad Arifin Nasution, S.Sos., MSP 197910052005011002  Wakil Rektor II FISIP USU
2.  Dra. Februati Trimurni, M.Si   196602121990092001  Ketua Program Studi Ilmu Administrasi Publik
3.  Dra. Dara Aisyah, M.Si., Ph.D 196911181994032001  Sekretaris Program Studi Ilmu Administrasi Publik
4.  Dr. R. Sally Marisa Sihombing, S.I.P., M.Si. 197701032008122002  Kepala Laboratorium Ilmu Administrasi Publik
5.  Dr. Tunggul Sihombing, MA   196203011986031027  Ketua Program Studi S2 Ilmu Administrasi Publik
6.  Asima Yanty Sylvania Siahaan, MA., Ph.D     196401261988032002  Sekretaris Program Studi S2 Ilmu Administrasi Publik
7.  Prof. Dr. Erika Revida, MS 196208211987012001  Guru Besar Ilmu Admnistrasi Publik FISIP USU
8.  Dr. Simson Ginting, S.Sos., MPA. 197110042005011001
9.  Dra. Elita Dewi, MSP  196007041986012002
10.  Drs. M. Ridwan Rangkuti, MA 196110041986011001
11.  Drs. Robinson Sembiring, M.Si 196004201988031002
12.  Dra. Erni Asneli Asbi, M.Si 196808191994032003
13.  Siti Hazzah Nur R, S.Sos., M.AP  199305232018052001
14.  Muhammad Imanuddin Kandias Saraan, S.Sos., M.A.P. 199510052021021001
15.  Nur Afifah, S.AP.,MPA 199403172021022001
16.  Franklin Asido Rossevelt, S.AP., M.K.P 199105022021021001
17.  Wiro Oktavius Ginting, S.Sos., M.Si 199410122020011001
18.  Rudi Kristian P. M, S.Sos., M.A  198605172018051001
19.  Zoraya Alfathin Rangkuti, S.Sos, MPA 199402082020012001