Studi Pembangunan

IMG 20180825 WA0019 1

No. SK 243/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/XII/2013

 

Sejarah

Kebutuhan akan sumber daya manusia yang professional dalam pelaksanaan pembangunan sangat diperlukan bagi daerah. Pemanfaatan potensi sumber daya manusia pada Universitas Sumatera Utara secara maksimal dapat digunakan bagi pengembangan sumber daya di daerah. Potensi staf pengajar yang terdidik pada Strata 2 dan Strata 3 baik dari dalam maupun dan luar negeri dapat dimanfaatkan untuk menyiapkan tenaga professional khususnya melalui Program Studi Magister (S2) Studi Pembangunan agar para lulusannya dapat menggali seluruh potensi yang ada di daerah serta mampu mengatasi berbagai persoalan dalam mengembangkan daerah.

Tenaga ahli yang masih sedikit dalam bidang Studi Pembangunan menjadikan pembukaan Program Studi Magister (S2) Studi Pembangunan sangat diperlukan, mengingat semakin banyak dan kompleksnya persoalan yang harus dihadapi dalam rangka menggali dan menumbuh kembangkan potensi kewilayahan yang ada. Program Studi Magister (S2) Studi pembangunan berdiri mulai tahun akademik 2002/2003 setelah mendapat izin melalui Surat Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 936/D/T/2002 tanggal 15 Mei 2002 tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pembangunan pada Universitas Sumatera Utara.

 

Visi
Menjadikan Program Studi Magister (S2) Studi Pembangunan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara sebagai program pendidikan unggulan di bidang Studi Pembangunan yang bercirikan peningkatan pengetahuan yang berkelanjutan, dan profesionalitas menuju universitas untuk industri.


Misi
Adapun Misi dari Program Studi Magister (S2) Studi Pembangunan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera adalah :

Pendidikan dan Pengajaran
Melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan praktis dalam menganalisa kompleksitas pembangunan, menyusun program-program pembangunan, menetapkan kebijakan yang terintegrasi dan berbasiskan wilayah serta dapat bersaing pada tingkat lokal, regional maupun nasional.
Penelitian Melaksanakan penelitian untuk mengetahui isu-isu aktual yang berkaitan dengan pembangunan dan implikasi kebijakan pembangunan serta meningkatkan kemampuan dalam menganalisa dan menyikapi suatu permasalahan dengan pendekatan keilmuan sehingga dapat membantu dalam proses pembuatan kebijakan, penentuan strategi kebijakan dan implementasi kebijakan tersebut.

 

Tujuan
Program StudiMagister (S2) Studi Pembangunan bertujuan :

Menghasilkan alumni yang memiliki kemampuan dalam penguasaan teori-teori pembangunan yang dapat diterapkan dalam menelaah masalah-masalah pembangunan dalam lingkup lokal, nasional, regional, maupun internasional.
Menghasilkan alumni yang profesional dalam menganalisis proses pembangunan dan merumuskan kebijakan dan strategi yang tepat dalam pembangunan yang komprehensif.
Mempersiapkan tenaga ahli yang dapat mendinamisasikan masyarakat yang pluralistik dengan masalahnya yang kompleks.

 

Masa Studi dan Beban SKS
Rata-rata lama studi pada Program Studi Magister (S2) Studi Pembangunan adalah 24 bulan. Masa studi pada Program Studi Magister (S2) Studi Pembangunan berlangsung dalam 4 semester dan menjalani sedikitnya 43 SKS termasuk di dalamnya melaksanakan penelitian untuk penyusunan Tesis. Setiap mahasiswa diharapkan dapat menyelesaikan studi dalam waktu 4 semester dan maksimal 8semester atau 2 hingga 4 tahun. Apabila seorang mahasiswa telah mengikuti lebih dari 8 semester tanpa Penundaan Kegiatan Akademik (PKA) yang sah, maka yang bersangkutan dinyatakan Drop Out.


Status Keluaran dan Gelar
Untuk mewujudkan tujuan Program Studi Magister (S2) Studi Pembangunan dimana para alumni Magister (S2) Studi Pembangunan harus mampu menguasai teori-teori pembangunan yang dapat diterapkan dalam menelaah masalah-masalah pembangunan dalam lingkup lokal, nasional, regional, maupun internasional. Keluaran/Lulusan Program StudiMagister (S2) Studi Pembangunan nantinya akan memiliki gelar Magister Studi Pembangunan (MSP).

 

Staf Pengajar

 No.   Nama    Nomor Induk Pegawai    Jabatan  
1. Prof. Subhilhar, MA., Ph.D 196207181987101001 Ketua Program Studi Pembangunan
 2. Dr. Dra. T. Irmayani, M.Si 196806301994032001 Sekretaris Program Studi Pembangunan
3. Dr. Hatta Ridho, S.Sos., MSP 197105132006041001 Wakil Dekan II FISIP USU
4. Dr. Harmona Daulay, S.Sos., M.Si 196907111994032002  Wakil Dekan III FISIP USU
5. Warjio, MA., Ph.D 197408062006041003