perpus1

 

Perpustakaan merupakan fasilitas penting yang harus ada dalam sebuah lembaga pendidikan untuk dapat menunjang proses belajar mengajar. Keberadaan Perpustakaan Perguruan Tinggi/Universitas tentu merupakan fasilitas penting sebagai unsur penunjang kegiatan akademik universitas. Fungsi dan tugas utama Perpustakaan adalah memberikan pelayanan informasi kepada seluruh sivitas akademika sebagai penggunanya, yaitu mahasiswa, dosen, dan pegawai universitas. Pelayanan perpustakaan merupakan ujung tombak berhasil tidaknya kegiatan di perpustakaan. Dahulu konsep pelayanan perpustakaan adalah memberikan pelayanan kepada siapa saja yang mendatangi atau berkunjung ke perpustakaan. Jika tidak ada yang mendatangi atau berkunjung maka tidak ada pelayanan perpustakaan. Fenomena ini yang kemudian menjadi dasar bagi Perpustakaan Universitas untuk mengembangkan sistem pelayanannya dengan membuka Perpustakaan Cabang pada hampir semua fakultas yang ada di Universitas Sumatera Utara..

Sejak tahun 2006, Perpustakaan telah membuka beberapa cabang yang berlokasi di  fakultas. Hingga tahun 2019  telah ada 15 (lima belas) Perpustakaan Universitas Cabang Fakultas dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) yang telah dibuka dengan menerapkan sistem pelayanan yang terintegrasi dengan Perpustakaan Universitas. Hal ini dimungkinkan dengan dukungan infrastruktur teknologi informasi yang tersedia untuk mengembangkan sistem perpustakaan terintegrasi dengan lokasi titik pelayanan yang tersebar di dalam kampus. Pembukaan perpustakaan cabang selain bertujuan untuk mendekatkan pelayanan kepada  pengguna juga untuk mengatasi keterbatasan kapasitas ruang perpustakaan universitas.

 

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

Cita-cita Perpustakaan Universitas Sumatera Utara dituangkan dalam Visi sebagai berikut :

“Menjadi suatu perpustakaan pendidikan tinggi terkemuka dalam pelayanan terhadap sivitas akademikanya“.

 

Misi

Untuk mencapai cita-cita tersebut di atas, Misi yang diemban oleh Perpustakaan Universitas Sumatera Utara adalah :

“Menyediakan akses terhadap informasi dan layanan informasi secara tepat waktu, tepat guna dan efektif untuk mendukung fungsi Tridharma Universitas Sumatera Utara melalui pengadaan dan penyediaan bahan pustaka serta membantu mahasiswa dan dosen, sehingga menjadi terampil dalam menemukan informasi yang relevan dengan kebutuhan mereka”

 

Tujuan

  1. Mendukung fungsi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat USU dengan mengidentifikasi, memilih, mengadakan, mengatalog, memproses dan menjadikan bahan perpustakaan tersedia dengan memperhatikan faktor relevansi, kemutakhiran, keseimbangan dan terpelihara;
  2. Mengupayakan agar pelayanan perpustakaan disediakan secara efektif dan efisien dengan memanfaatkan perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi;
  3. Menyediakan fasilitas yang memudahkan kegiatan pengadaan, pengolahan, penelusuran koleksi dan pelayanan perpustakaan dengan sistem otomasi menggunakan perangkat lunak (software) yang terintegrasi;
  4. Merencanakan, mempromosikan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi kegiatan perpustakaan dalam kerangka proses penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat di lingkungan Universitas Sumatera Utara;
  5. Mengupayakan manajemen dan struktur organisasi yang tepat untuk mencapai tujuan dan sasaran perpustakaan;
  6. Menciptakan suatu lingkungan, peluang dan kondisi yang tepat untuk memungkinkan staf perpustakaan dapat mencapai dan memelihara kinerja yang baik dengan mengacu kepada standar mutu yang ditetapkan;
  7. Menyediakan suatu lingkungan fisik yang tepat untuk memenuhi kebutuhan koleksi, pengguna dan staf yang berbeda;
  8. Menciptakan dan memelihara komunikasi dua arah yang efektif baik di dalam maupun ke luar perpustakaan;
  9. Mengoptimalkan resource sharing dan jaringan tingkat lokal, regional, nasional dan internasional; dan
  10. Mengevaluasi perkembangan proses rencana strategis perpustakaan.

 

TUGAS & FUNGSI

Tugas

Perpustakaan Universitas memiliki tugas untuk menunjang kegiatan Tri Dharma yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Fungsi

  1. Mengadakan, mengatalog, menyimpan, memelihara, dan mendiseminasikan bahan perpustakaan dengan memperhatikan faktor relevansi, kemutakhiran, dan keseimbangan antar Program Studi di Universitas sehingga tersedia untuk digunakan oleh pengguna;
  2. Menyediakan perangkat penelusuran dan akses terbuka terhadap seluruh bahan perpustakaan sehingga mudah digunakan;
  3. Menyediakan pelayanan penggunaan seluruh bahan perpustakaan dalam berbagai format rujukan dan konsultasi, literasi informasi, dan fasilitas lainnya seperti : ruang baca, ruang diskusi, ruang peneliti, dan ruang pertemuan dengan lingkungan yang nyaman, mudah diakses, dan waktu pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna;
  4. Mengembangkan dan menyediakan pelayanan yang efisien dan efektif melalui pengembangan perpustakaan cabang yang terintegrasi;
  5. Mengembangkan teknologi, konten dalam format elektronik, dan menyediakan pelayanan berbasis teknologi informasi untuk kebutuhan pengguna;
  6. Menjadi pusat Repositori Universitas terhadap seluruh karya akademik mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan.

 

TATA TERTIB DI PERPUSTAKAAN

LAYANAN PERPUSTAKAAN

Perpustakaan USU dilengkapi dengan beberapa Layanan :

  1. O P A C (Online Public Access Catalogue), OPAC merupakan sebuah katalog dalam bentuk online yang berisi tentang daftar-daftar sumber koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan tersebut.
  2. E-JOURNALS, Penerbitan artikel-artikel ilmiah dalam suatu jurnal ilmiah ber-ISSN yang dilakukan oleh suatu institusi melalui media elektronik (paperless), dan disebarkan kepada atau bisa diakses seluruh audiens pembaca melalui portal internet yang tersedia
  3. E-BOOKS, suatu buku yang bentuknya digital atau elektronik dimana biasanya berisi informasi atau panduan/ tutorial. Buku elektronik ini hanya bisa dibuka dan dibaca melalui perangkat elektronik seperti komputer, tablet, dan smartphone.
  4. RESOURCE GUIDES
  5. USU REPOSITORY
  6. USU REPOSITORY (NEW)
  7. CEK PINJAMAN, melihat Profil Keanggotaan, termasuk : Sejarah Peminjaman, Sejarah Pembayaran (Denda), Jumlah Denda dan Bebas Pustaka.
    Anda juga dapat melakukan Reservasi (booking) Buku, Mengusulkan Pengadaan Buku Baru, serta Mengganti Password.
  8. KELAS LITERASI INFORMASI
  9. EBSCO DISCOVERY SERVICE, Satu pintu pencarian untuk semua koleksi EBSCO dan koleksi milik Perpustakaan USU, serta akses fulltext ke semua database E-Journal berlangganan.
  10. INDONESIA ONE SEARCH, Satu pintu pencarian untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, arsip dan sumber elektronik di Indonesia.

 

FASILITAS PERPUSTAKAAN

Perpustakaan Fisip USU dilengkapi dengan beberapa fasilitas :

  1. Jumlah Koleksi 1.006 Eks.
  2. Lobby
  3. Loker
  4. Kaunter OPAC (Online Public Access Catalogue)
  5. Kaunter Informasi dan Kaunter Layanan Sirkulasi
  6. Area Baca Lesehan / Kursi
  7. Wifi

Jam Pelayanan Perpustakaan Cabang FISIP USU/(Library Hours ) :

Senin – Kamis                        : 07.30 – 16.00 WIB

Istirahat : 12.00 – 13.00 WIB

Jum’at                                    : 07.30 – 16.30 WIB

Istirahat : 12.00 – 13.30 WIB

Perpustakaan merupakan tempat berbagai kelompok masyarakat bertemu, berdiskusi, dan belajar bersama, Oleh karena itu, penting sekali menjaga ketertiban bersama, menghargai pengguna lain, dan menghormati perbedaan yang ada.

  1. Tata Tertib Perpustakaan Fisip USU, antara lain :
  1. Pengguna Perpustakaan wajib mengisi Buku Tamu.
  2. Pengguna wajib berpakaian dan berpenampilan sopan, rapi, serta memakai sepatu
  3. Berlaku sopan, tertib, dan tidak menimbulkan keributan
  1. Pengguna tidak diperkenankan melakukan transaksi peminjaman buku menggunakan KTM orang lain
  2. Tidak diperbolehkan membawa tas,makanan dan minuman ke dalam perpustakaan dan menyimpan pada loker yang disediakan., Aroma dan bekas makanan dan minuman sangat mudah mengundang binatang yang merusak koleksi
  3. Barang-barang berharga seperti laptop, dompet, handphone, uang, perhiasan dan sejenisnya harap dibawa dan dijaga sendiri. Kehilangan barang tersebut bukan menjadi tanggung jawab perpustakaan.
  4. Tidak mencoret, merobek, merusak, dan mencuri koleksi dan fasilitas yang ada.
  5. Menggunakan semua fasilitas yang ada dengan benar dan tepat.
  6. Tidak melakukan kegiatan yang sifatnya mengganggu ketertiban.
  7. Mematuhi ketentuan tentang jumlah pinjaman, masa pinjam, dan sanksi yang berkaitan dengan keterlambatan pengembalian buku, perusakan koleksi dan fasilitas, serta penghilangan koleksi.
  8. Menjaga kenyamanan belajar dan kebersihan fasilitas lingkungan perpustakaan.

 

b. Fasilitas Perpustakaan Fisip USU

Perpustakaan Fisip USU dilengkapi dengan berbagai fasilitas, diantara lain :

  1. Lobby
  2. Loker Tas
  3. Kaunter OPAC (Online Public Access Catalogue)
  4. Kaunter Informasi dan Kaunter Layanan Sirkulasi Peminjaman, Pengembalian dan Perpanjangan Bahan Pustaka
  5. Area Baca Lesehan / Kursi
  6. Wifi

 

c. Jumlah Buku Perpustakaan Fisip 2019

Katalog online perpuskakaan Fisip USU sudah bisa diakses di Internet, Perpustakaan Fisip sudah dikatalogisasi sederhana/manual dengan total koleksi sekitar 1. 006 Eks

Koleksi Perpustakaan Fisip USU terdiri dari koleksi Administrasi, Organisasi, Manajemen, Kebudayaan, Ekonomi, Bisnis, Komunikasi, Pemerintahan, Sejarah, Bahasa, Sastra, Pancasila, Kewarganegaraan, Kebijakan Publik, Filsafat, Politik, Kependudukan, Gender, Administrasi Negara, Agama, Sosial, Studi Wilayah, Pembangunan, Lingkungan, Fiksi, Cerita, Novel dan Jurnal Ilmiah. Dll.

Maksimal jumlah buku yang dapat dipinjam adalah : 

- Program Diploma, Sarjana dan tenaga kependidikan : 10 eksemplar

- Program S2 dan S3 : 10 eksemplar

- Dosen : 10 eksemplar

 

d. Denda

Keterlambatan pengembalian koleksi akan dikenakan sanksi, antara lain :

Koleksi Standard (STD ) : Rp. 300 / hari / buku dengan masa pinjaman buku 14 hari

Koleksi Pinjam Singkat ( KPS ) : Rp. 600 / hari / buku dengan masa pinjaman buku 3 hari

Sanksi Bagi Peminjam Buku Perpustakaan Fisip USU, diantaranya :

  1. Jika buku yang dipinjam hilang harus diganti sesuai aslinya dan edisi terbaru. Apabila buku aslinya tidak tersedia / tidak diterbitkan, dapat diganti dengan buku  pengganti dengan subyek yang sama.
  2. Kerusakan buku menjadi tanggungjawab peminjam, perbaikan atas kerusakan buku dilakukan oleh petugas perpustakaan atau oleh anggota atas persetujuan petugas perpustakaan.
  3. Pencurian / pengerusakan bahan pustaka dan fasilitas lainnya dikenakan sanksi pertanggungjawaban berupa denda sampai dengan sanksi akademik dan apabila pelakunya pengunjung luar akan dikenakan sanksi denda sampai dengan sanksi hukum
  4. Lama peminjaman buku 2 minggu dan dapat diperpanjang. Perpanjangan masa pinjam dapat  dilakukan secara langsung di counter Sirkulasi. Keterlambatan pengembalian buku dikenakan sanksi denda sesuai ketentuan yang berlaku.

Daftar keterlambatan buku akan diumumkan di Profil Keanggotaan anda https://digilib.usu.ac.id/login.php, termasuk : Sejarah Peminjaman, Sejarah Pembayaran (Denda), Jumlah Denda dan Bebas Pustaka.

 

e. Alur Kegiatan pada Perpustakaan

NO. ALUR KEGIATAN
1   Alur Peminjaman Buku Perpustakaan FISIP USU
2   Alur Pengembalian Buku Perpustakaan FISIP USU
3   Alur Perpanjangan Buku Perpustakaan FISIP USU
4   Penggunaan Katalog Online (OPAC) Perpustakaan FISIP USU
5   Penggantian Buku Pinjaman Hilang atau Rusak Berat
6   Registrasi Keanggotaaan Civitas Akademika USU
7   Registrasi Keanggotaan Civitas Akademika USU (Anggota Luar Biasa)
8   Pemesanan Buku Terpinjam (Reserve)