logo fisip

Departemen Ilmu Politik

Departemen Ilmu Politik didirikan pada bulan Agustus tahun 2001 dengan Surat Keputusan Dirjen Dikti Depdiknas Nomor. 2809 / D / T 2001 tentang izin Penyelenggaran Program Studi Ilmu Politik pada Universitas Sumatera Utara yang di tandatangani pada tanggal 30 Agustus 2001. Sebagai Departemen termuda di lingkungan FISIP USU, maka diawal berdirinya, staf pengajar berasal dari Departemen Ilmu Administrasi, Sosiologi, dan Ilmu Komunikasi di lingkungan FISIP USU. 

Visi:

Menjadi Departemen unggulan diwilayah Barat. Mengahasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan profesional dalam bidang politik baik lokal, nasional, dan internasional. 

Persyaratan Pengambilan Program Sutdi


Lulus Seleksi UMB SPMB ( Ujian Masuk Bersama SPMB), SNMPTN ( Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), PMP ( Panduan Minat dan Prestasi), dan memenuhi persyaratan lainnya untuk dapat diterima sebagai mahasiswa baru pada Departemen yang bersangkutan. 

Materi Kuliah Program Studi


Teori dan Problema Pembangunan, Sistem Politik Indonesia, Pemikiran Politik di Negara Berkembang, Teori Politik, Komunikasi Politik, Antropologi Politik, Sejarah Pemikiran Politik Indonesia, Partai Politik dan Pemilu, Pembangunnan Politik, Sosiologi Politik, Sistem Politik di Negara-Negara ASEAN, Studi Kebijakan Publik, Sistem Perwakilan Politik, Statistik Sosial Lanjutan, Filsafat Ilmu Politik, Birokrasi di Indonesia, Teori Hubungan Internasional, Teori dan Perilaku Organisasi, Pemikiran Politik Barat, Pemikiran Politik Islam, Teori Perbandingan Ilmu Politik, Organisasi dan Administrasi Internasional, Metodologi Penelitian Ilmu Politik, Teori Konflik dan Perubahan Sosial, Metodologi Ilmu Politik, Ekonomi Politik, Politik Luar Negeri Indonesia, Analisa Politik, Demokrasi dan HAM, Kekuatan-kekuatan Politik Indonesia, Studi Kawasan, Pemerintahan dan Politik Lokal, Kapita Selekta dan Masalah-masalah Politik.